Pemkot Malang Manfaatkan Sampah Jadi Ekonomi Kreatif

oleh -811 views
Sorotpublik.comMalang, Persoalan sampah merupakan masalah yang cukup rumit, tapi masalah sampah di Kota Malang kususnya malah membawa berkah. Perlu diketahui hanya kota malang saja satu satunya kota di indonesia yg mempunyai bank sampah.
Hal tersebut seperti dikatakan Hj. Umi Farida, istri walikota Malang dalam diskusi terkait pemamfaatan sampah dan pengelolaannya yang berlangsung di hotel trio indah kota Malang, (07/03/2016)    
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Ir Erik S.Mt selaku instansi penyelengara diskusi tersebut mengatakan. 
“Kita berupaya menggulirkan terkait pemanfaatan sampah mulai dari tinggkat kecamatan, kelurahan sampai rw kususnya di kota malang. Sementara ini kita menerjunkan 1500 personel dari unsur pkk,dimana dari personel tersebut di harapkan bisa berbagi ilmu di daerahnya masing-masing,” jelas Erik.
Pelatihan pengolahan sampah selama 5 hari tersebut menurut Satrio Eko, Salah satu pengurus organisasi sahabat lingkungan, mengatakan pihaknya harus bangga sebagai warga malang.
“Karna hanya Kota Malang satu satunya kota di dunia yang dapat memanfaatkan sampah menjadi uang, terbukti dengan adanya bank sampah dengan pengelolaan yang lebih modern dan profesional,” imbuhnya.
Pihaknya yakin tambahan penghasilan yang didapat dari pengelolaan sampah tersebut semakin besar. (Setia/Fin)