Pemkab Sumenep Gelar Shalat Gerhana Matahari

oleh -945 views

Sorotpublik.com – SumenepPemerntah Daerah Kabupaten Sumenp, Madura, Jawa Timur gelar sholat gerhana matahari berjamaah di jalan lingkar timur Pabian Kecamatan Kota, Rabu (09/03/2016).

Usai melekasanakan sholat gerhana matahari berjamaah, Bupati A Busyro Karim bersama Wakil Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi, yang didampingi oleh Sekda Kabupaten Sumenep, Hadi Soetarto melihat gerhana matahari bersama-sama.

“Kami sengaja menggelar sholat gerhana matahari berjamaah, dan pemkab Sumenep juga menyediakan seribu kacamata GMT untuk digunakan masyarakat, beserta siswa-siswi guna melihat langsung fenomena alama gerhana matahari total ini,” jelas Bupati Sumenep, A Busyro Karim, Rabu (09/03/2016).

Ia juga menambahkanbahwa Pemkab memang sengaja mengajak para siswa-siswi untuk melihat langsung Fenomina alam langka tersebut. Hal itu dilakukan untuk memberikan pembelajaran tentang astronomi dan masyarakat maupun siswa menjadi cerdas. Sehingga tidak percaya lagi dengan mitos yang selama ini berkembang di masyarakat.

“Jika dulu terjadi gerhana matahari maupun gerhana bulan, kebanyakan masyarakat larinya ke mitos, seperti memukul pohon dengan mengucapkan cepat berbuah, cepat berbuah. Namun kali ini pemerintah daerah akan memberikan pembelajaran terhadap masyarakat dan siswa jika ini merupakan fenomena alam, sehingga mereka tidak lagi pecaya dengan mitos yang hingga saat ini masih berkembang dan dipercaya oleh sebagian besar masyarakat,”Pungkasnya. (Fin)