Pecinta Burung love Bird Kembali Ramai

oleh

Penulis : Doess

SUMENEPSOROTPUBLIK.com  –  Setelah sekitar dua tahun lebih pangsa pasarnya sepi, akhirnya pasaran burung jenis love bird di Sumenep, Madura, Jawa Timur, kembali mencuat ke permukaan. Terbukti banyak warga yang bukan pecinta burung ikut memelihara jenis burung Love Bird ini.

“Pasarannya sekarang gampang dan cepet laku dibeli oleh pengepul, harganyapun juga sesuai dengan harga indukan saat ini,” Kata Munir, pecinta burung di Desa Pabian, Kecamatan Kota Sumenep, Kamis (06/9/2016).

Sudah hampir sekitar tiga tahun kata Munir, pasaran burung love bird menurun, namun saat ini pasarannya kembali bagus.

“Meskipun harga indukan tidak semahal tiga tahun lalu, misal jenis burung love bird standart waktu itu sekitar Rp3 juta dan sekarang seharga Rp600 ribu sudah didapat, omsetnya lebih jelas tahun ini,” Paparnya.

Namun demikian, harga burung love bird tidak semuanya murah, karena mahalnya bisa ditentukan dengan jenis burung itu sendiri.

“Saat ini harga love bird jenis gobal violet pasarannya lagi bagus, anakannya tembus diharga 600 ribu per ekor. Untuk indukannya satu pasang tembus diangka 4 juta bahkan puluhan juta rupiah,” Terang Munir menjelaskan.

Bila melihat perkembangan yang ada saat ini, meskipun naik turun, sepertinya pangsa pasar love bird tidak akan ada matinya.