OPM Kurang Peminat, Awak Mulai Resah

oleh

Sorotpublik.comBangkalan, Ojek Perahu Motor (OPM) yang berada di Kamal, Bangkalan, Madura, Jawa Timir mulai sepi penumpang seiring banyaknya masyarakat yang menggunakan jembatan Suramadu.

Tak heran, belasan OPM yang dulu sering beroperasi di samping dermaga Kamal tersebut kini jarang mendapat carteran. Imbasnya bisa ditebak, jumlah OPM terus menyusut dan hanya tinggal 3 atau 4 OPM saja yang beroperasi.

“Sekarang ini sepi penumpang pak. Sebagian teman saya sudah kembali ke profesi semula sebagai nelayan,” jelas salah satu pemilik perahu, Moh. Rofik.

Menurutnya, dulu setiap hari bisa mendapat carteran 10 kali dengan rata-rata penumpang 5-7 orang/rit. Setiap orang atau penumpang ditarik ongkos Rp 15 ribu. Tapi saat ini, Ia mengaku paling banyak hanya bisa mendapat 3 rit/hari. Itu pun dengan jumlah penumpang 2-3 orang saja.

“Penghasilan OPM gak cukup mas. Sehari paling banyak mendapat Rp 125 ribu. Dipotong BBM, makan dan rokok. Maka sisanya hanya tinggal Rp 30 ribu – Rp 40 ribu. Ini hanya cukup untuk keperluan dapur,” pungkasnya.

Penulis: Mc
Editor: Fin

No More Posts Available.

No more pages to load.