Mitos, Gerhana Matahari Waktu Turunnya Penyakit

oleh

Sorotpublik.comSumenep, Setiap menjelang terjadinya Gerhana Matahari masyarakat Desa Longos, Kecamatan Gapura,  Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur waktu subuh  sudah memasak makanan, karena mereka meyakini jika masak makanan ketika terjadiya gerhana maka makanan tersebut akan menjadi racun.

Seperti yang tuturkan oleh Sutrap (62) warga Dusun Buabu, Desa setempat bahwa rata-rata dari masyarakat memang sudah siap dari malam menyediakan makanan.

“Menurut  sesepuh ketika terjadi Gerhana Matahari tidak boleh masak, karena katanya makanannya aka jadi racun,” Tuturnya, Kamis (09/03/2016).

Bahkan ketika terlanjur masak saat terjadinya gerhana, maka makanan itu tidak akan dimakan, dan menurutnya lebih memilih lapar dan tidak makan apapupun.

Namun tidak hanya itu, menurutnya keyakinan yang berkembang di masyarakat  ketika terjadinya Gerhana Matahari juga waktu turunnya penyakit, maka dari itu semua sumur ditutupi dan anak kecil tidak diperbolehkan keluar rumah, dan semua lubang yang ada di rumah warga akan ditutupi, karena takut penyakit akan masuk ke dalam rumah.

“Akan banyak penyakit yang turun ketika gerhana, makanya analk kecil tidak boleh keluar rumah,” pungkasnya. (Fin)

No More Posts Available.

No more pages to load.