Miris! Sepasang Lansia di Sukabumi Hidup di Gubuk Reyot

oleh
Gubuk keluarga lansia Kakek Oji (75) dan Adah (85) di Kp Tangkil RT 04 RW 01 Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Caci/SorotPublik)

Penulis: Caci/Kiki

SUKABUMI, SOROTPUBLIK.COM – Sepasang suami istri lanjut usia (Lansia) hidup di rumah gubuk berlokasi di daerah Kp Tangkil RT 04 RW 01 Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sepasang Lansia bernama Oji (75) dan Adah (85) tersebut, hidup berdua di rumah gubuk mereka yang sudah reyot tanpa wujud perhatian dari pemerintah.

“Rumah ini pernah difoto, katanya untuk diperbaiki. Tetapi sampai hari ini belum juga diperbaki juga,” ungkap suami istri lansia itu, Senin (21/01/2019).

Kakek Oji dan Nenek Adah, demikian sapaannya, mengaku selama ini sudah sering rumahnya didata dan dicek. Informasinya mereka akan dapat bantuan dari pemerintah seperti rumah tidak layak huni (RTLH), tetapi belum juga mendapatkan.

“Sedangkan rumah ini sudah mau roboh,” ujar Kakek Oji.

Bahkan, ia menjelaskan bahwa di dalam rumahnya tidak ditembok atau pakai keramik. Hanya ada 1 kamar di gubuk kecil yang sudah reyot itu.

“Pekerjaan saya hanya mengurus pemakaman setiap harinya,” aku Kakek Oji.

Namun meski kondisi ekonominya demikian, keluarga lansia tersebut tidak mendapatkan Kartu KIS, Kartu BPJS, maupun PKH dari pemerintah.

“Harapan saya dan istri semoga mendapatkan perhatian dari pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat,” ungkap Kakek Oji.

No More Posts Available.

No more pages to load.