KPU Bondowoso Akan Umumkan Hasil Verifikasi Faktual Partain Politik

oleh

Penulis : Bahrullah

Bondowoso, SOROTPUBLIK.COM – Setelah KPU Bondowoso membuka proses pendaftara beberapa hari yang lalu, besok Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur akan mengumumkan hasil Verifikasi Faktual partai politik yang memenuhi syarat dan kententuan.

Junaidi, Komisioner Devisi Hukum KPUD Bondowoso menyampaikan melalui akun Watshaapnya, bahwa hasil verifikasi faktual partai politik yang memenuhi syarat akan di sampaikan di Aula Komisi Pemilihan Umum Daerah.

“Besok pada hari rabu 07 Februari 2018 KPU Bondowoso akan mengumumkan hasil verifikasi faktual partai politik,” ungkapnya, Selasa (06/02/2018).

Pengumuman besok, lanjut Junaidi, merupakan panyampaian informasi antara yang lolos dan tidaknya verifikasi Parpol setelah mendaftarkan diri kepada KPU kabupaten yang merupakan bagian dari salah satu syarat untuk dapat mengikuti pemilihan umum nanti pada tahun 2019. Setelah pengumuman dilakukan maka hasilnya akan diberikan kepada KPU RI untuk dilakukan penilaian, karena penilaian merukapan kewenangan KPU pusat antara yang  lolos dan tidak lolos

“untuk dua Parpol yang hari ini masih dilakukan verifikasi faktual perbaikan, antara lain PKPI dan pertain Hanura yang merupakan dua Parpol lama,” imbuhnya.

Selain itu Junaidi menjelaskan partai politik baru yang sedang dilakukan proses verifikasi faktual saat ini antara lain partai Perindo, PSI dan Berkarya. Ada pun partai Garuda sudah memenuhi syarat.

“Selama ini kekurangan yang dialami masing-masing Parpol yang masih dilakukan tahap verifikasi faktual berkenaan dengan syarat keanggotaan yang masuk dalam Sistem Informasi Politik (Sipol),” pungkasnya.