Jelang Perpisahan, KKN UPGRIS 2019 Gelar Jalan Sehat Expo di Kecamatan Ngaliyan

oleh
Masyarakat Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang saat mengikuti Jalan Sehat Expo yang diadakan Peserta KKM Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) di Kecamatan Ngaliyan. (Foto: Alim/SorotPublik)

Penulis: Alim/Kiki

SEMARANG, SOROTPUBLIK.COM – Bertempat di halaman Kantor Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) mengadakan Jalan Sehat bersama masyarakat se-Kecamatan Ngaliyan, Minggu (17/02/2019) pukul 07.00 WIB.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Camat Ngaliyan Agus Priharwanto. Kemudian, peserta berjalan dari depan Kecamatan Ngaliyan melewati Pasar Ngaliyan, Jalan Wismasari dan memutar lewat Jalan Panembahan Senopati, hingga finish di depan Kecamatan Ngaliyan lagi.

Selanjutnya, Camat Agus Priharwanto saat sambutan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para mahasiswa UPGRIS yang sudah melaksanakan KKN di wilayah Kecamatan Ngaliyan.

Selain itu, Agus juga menjadikan kesempatan itu untuk mengimbau masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan, karena akhir-akhir ini banyak gangguan Kamtibmas di wilayah Kecamatan Ngaliyan.

“Seperti contoh beberapa hari yang lalu, di wilayah Kelurahan Kalipancur ada kejadian pembakaran sepeda motor yang terjadi di siang hari,” ungkapnya, Minggu (17/02/2019).

Sesuai nama kegiatan (Expo, red), panitia tak hanya menyelenggarakan jalan sehat saja. Mereka juga membuka stand kuliner dan kerajinan yang diikuti oleh pelaku UMKM di setiap kelurahan yang ada di Kecamatan Ngaliyan.

Peserta Expo di antaranya dari Kelurahan Bringin yang membuka stand produk makanan berupa keripik beling berbahan baku singkong. Selain keripik, Kelurahan Bringin juga membuka stand produk tas dan dompet.

Kemudian ada dari Kelurahan Wates yang menjual produk bibit jambu kristal dan tahu bakso. Sedangkan dari Kelurahan Ngaliyan menjual kerajinan bunga hias.

Selain stand kuliner dan kerajinan, dalam acara tersebut juga dilaksanakan kegiatan potong rambut gratis untuk pria dan wanita.

Menurut Dina, acara tersebut diadakan dalam rangka perpisahan karena para mahasiswa sudah melaksanakan KKN di wilayah Kecamatan Ngaliyan selama satu bulan.

“Kita masih ada tiga hari lagi di sini. Kalau perpisahan resminya hari Rabu, nunggu penarikan. Ada sepuluh kelurahan di Kecamatan Ngaliyan ini,” ungkap salah satu mahasiswi peserta KKN UPGRIS tersebut.

Tak hanya itu, untuk memeriahkan acara, panitia juga menampilkan panggung hiburan musik dangdut dari group dangdut lokal Putra Arimba.

Mengakhiri acara, panitia mengadakan penarikan undian berhadiah bagi peserta jalan sehat dengan hadiah utama berupa dua unit sepeda gunung dan hadiah menarik lainnya.