Ingkar Janji Bayar Pesangon, Ratusan Buruh Geruduk Kantor PT Laxmirani

oleh
Ratusan buruh kembali melakukan aksi demo ke Kantor PT Laxmirani Mitra Garmindo Cicurug, Sukabumi. (Foto: Asep/SorotPublik)

Penulis: Asep/Kiki

SUKABUMI, SOROTPUBLIK.COM – Ratusan buruh menggeruduk kantor PT Laxmirani Mitra Garmindo di Kp. Tenjo Ayu, Desa Tenjo, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (29/01/2019).

Mereka menagih janji hasil kesepakatan pembayaran uang pesangon dari pihak perusahaan yang akan dibayarkan pada tanggal 28 kemarin.

“Tetapi perusahaan ingkar janji dan tidak menepatinya, padahal demo ini sudah tiga kali kami demo,” ungkap Lusi, salah satu buruh yang ikut demo, Selasa (29/01/2019).

Menurutnya, para buruh sudah mengikuti aturan perusahaan. Namun hingga saat ini, pihak perusahaan tidak memberikan hak pesangon yang menjadi hak mereka.

“Sampai hari ini pihak perusahaan tidak memberikan hak pesangon kami sebanyak 240 orang dan yang masih bekerja 300 orang belum juga dibayar,” tegas Lusi.

Buruh lain menambahkan, mereka sudah bekerja selama 7 sampai 12 tahun. Tetapi meski sudah melakukan mediasi, pihak perusahaan tetap didak mau berbagi jawab.

“Perjanjian awal sudah disepakati, tapi dimentahkan lagi oleh perusahaan hasil pertemuan dengan pihak buruh,” tuturnya.

Hari ini, lanjut buruh tersebut, mereka masih mediasi kembali dengan pihak perusahaan.

“Dan kami masih menunggu hasil dari pertemuan ini,” imbuhnya.

Pada pertemuan hari ini, mediasi antara buruh dan pihak perusahaan melibatkan sejumlah instansi pemerintahan. Mulai dari Disnaker Kabupaten Sukabumi, pihak Kepolisian, dan Danamil Kecamatan Cicurug, Sukabumi.