Idul Adha Masih Tinggal Sebulan, Peternak di Jember Siapkan Ratusan Kambing Qurban

oleh
Sejumlah pekerja sedang memberi makan kambing di lokasi peternakan kambing Desa Mangli, Kecamatan Kaliwates, Jember milik Cak Omen
Sejumlah pekerja sedang memberi makan kambing di lokasi peternakan kambing Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Jember milik Cak Omen. (Foto: Nurul H/SorotPublik)

Penulis: Nurul H/Kiki

JEMBER, SOROTPUBLIK.COM – Ratusan ekor kambing ternak siap qurban di Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember dikerahkan menjelang Hari Raya Idul Adha.

Abdul Rahman, pemilik peternakan di desa tersebut menjelaskan, ratusan kambing itu disiapkan untuk mempermudah masyarakat yang membutuhkan hewan qurban.

“Kambing ternak ini disiapkan untuk mempermudah masyarakat yang punya hajat, utamanya menjelang Hari Raya Idul Adha yang akan datang,” tuturnya, Rabu (26/06/2019).

Cak Omen, sapaan akrab Abdul Rahman menjelaskan, hewan-hewan itu selain untuk aset dagang dalam dan luar kota, juga tersedia untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan.

“Hewan qurban itu harus sehat dan juga layak dikonsumsi masyarakat. Kalau daging qurbannya terjangkit penyakit, maka masyarakat yang mengonsumsinya akan terkena imbas penyakitnya dan hal itu sangat tidak saya inginkan,” tegasnya.

Selain menuntut para pekerjanya rutin memberikan makan pada hewan ternaknya, Cak Omen juga menuntut untuk terus memprioritaskan kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya.

“Sebab ini yang mencerminkan hewan sehat dan bersih dari penyakit,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.