Harga Daging Sapi di Pasar Anum Kembali Turun

oleh
Pedagang Saat Memasarkan Dagingnya Dipasar Anum Sumenep

Penulis : Doess/Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMPasca Idul Adha 1438 Hijriyah, harga daging sapi di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, pekan ini turun, bila pekan lalu Rp120 ribu per kilogram, saat ini turun menjadi Rp110 ribu per kilogram.

Kabid Perdagangan  Disperindag Sumenep Sukaris menyatakan, harga daging sapi hari ini kembali normal. Kenaikan harga komoditas tersebut pada pertengahan pekan lalu murni akibat tingginya permintaan, karena masa Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah.

“Sudah biasa ketika permintaan ramai karena moment Lebaran, harga daging tersebut otomatis juga naik dan turun usai lebaran,” katanya, Selasa (05/09).

Tidak hanya harga  daging sapi yang turun kata Sukaris, bahkan sejumlah komoditas lainnya juga turun, yakni daging ayam kampung, cabai merah besar biasa, cabai kecil, bawang merah, dan tomat.

“Berdasarkan laporan dari staf, tidak ada sembako yang harganya naik pada pekan ini dan semuanya turun,” paparnya menjelaskan.

Sedangkan harga daging ayam kampung turun dari Rp85 ribu per kilogram turun menjadi Rp80 ribu. Harga cabai merah besar biasa turun dari Rp12 ribu per kilogram menjadi Rp10 ribu dan cabai kecil dari Rp12 ribu juga menjadi Rp10 ribu.

Sementara harga komoditas lainnya terpantau stabil, di antaranya beras pada kisaran Rp8.500 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12 ribu.

“Kami memantau harga kebutuhan pokok setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, di Pasar Anom Baru dan Pasar Bangkal,” tukasnya.