Gaji Guru di Sunat Beli Hewan Qurban

0
615
foto dalam kondisi eror

Penulis: Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Gaji guru sekolah dasar (SDN) yang berada dilingkungan Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur untuk bulan September 2015 disunat sebesar Rp 25 ribu. Pemotongan gaji bagi guru pegawai negeri sipil (PNS) itu, bardalih untuk sumbangan pembelian hewan kurban.

Anehnya, aksi pemotongan itu langsung dikoordiner oleh kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan setempat. Sehingga dengan keadaan terpaksa semua guru merelahkan uang tersebut. Salah satu guru SD di Kecamatan Dasuk, yang enggan disebutkan namanya mengatakan, pemotongan gaji tersebut dilakukan atas dasar intruksi dari pemerintah ditingkat kabupaten.

”Jujur kami sangat berat dengan adanya aksi ini. Namun karena sudah intruksi kami tidak bisa berbuat apa-apa,” katatanya dengan nada kesal.

Menanggapi hal itu, Tim Investigasi Sumenep Corruption Watch (SCW) Junaidi mengaku kecewa dengan tindakan yang dilakukan oleh pemerintah terkait. Sebab tindakan tersebut sudah masuk kategori pemerasan.

”Meskipun tujuannya baik, namun kalau dilakukan dengan cara yang tidak baik, itu tetap salah,” katanya.

Namun anehnya lagi Kepala UPT Pendidikan Dasuk Ahmad Fatawi membantah atas tudingan tersebut. Hanya saja dirinya menghimbau agar semua guru untuk berpartisipasi pembelian hewan qurban dengan sukarela.

”Kalau pemotongan itu tidak benar. Kalau adanya sumbangan untuk hewan qurban mungkin benar,” batahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep A. Shadik mengaku belum mengetahui aksi pemotongan tersebut. Sebab dirinya mengaku hingga saat ini masih belum menerima laporan dari siapapun termasuk guru dan UPT.