Dua Pusaka Keraton Sumenep Dijamas di Desa Penghasil Keris

oleh
Visit Sumenep 2019
Prosesi Jamasan Pusaka Keraton Sumenep di Desa Aeng Tong-Tong, Kecamatan Saronggi, Minggu (08/09/2019). (Foto: Hairul/SorotPublik)
loading...

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Dua Pusaka leluhur Keraton Sumenep dijamas di Desa Aeng Tongtong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu (09/08/2019).

Penjamasan itu dilaksanakan oleh para sesepuh empu keris dan turut disaksikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi dan jajaran Forkompimda.

Menurut Wabup Fauzi, ritual penjamasan Pusaka Keraton Sumenep yang digelar setiap tahun pada bulan Suro itu harus terus dilestarikan karena Kabupaten Sumenep dinobatkan sebagai kota penghasil keris.

Loading...

“Sumenep telah ditetapkan sebagai kota keris, dan ritual ini sangat sakral bagi para pengrajin keris,” ungkap Fauzi.

Setiap tahunnya Desa Aeng Tongtong dan para sesepuhnya selalu dipilih untuk melakukan ritual penjamasan dua Pusaka Keraton Sumenep, mengingat desa tersebut merupakan desa yang memiliki pengrajin keris terbanyak di dunia.

Prosesi penjamasan dua keris Pusaka Keraton dan tujuh pusaka keramat milik Lelehur Desa Aeng Tongtong dilaksanakan di Asta Agung menggunakan kembang dan tujuh sumber mata air.

Usai dibersihkan, Keris dan Pusaka Keraton Sumenep akan dikirab hingga ke Keraton Sumenep untuk diserahkan kepada ahli waris atau Bupati.

Penulis: Hairul
Editor: Helmy