Disperta Target Serap 4 Ribu 313 Ton Gabah Petani Tahun Ini

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Holtikultura Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menargetkan serapan gabah (sergab) petani pada musim tanam 2017 sebanyak 4 ribu 313 ton.

Target ribuan ton sergap tersebut diproyeksikan pada areal tanam di 18 Kecamatan wilayah daratan.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Holtikultura Sumenep, Bambang Heriyanto menjelaskan, program sergap merupakan terobosan supaya hasil tanam petani tidak sekedar untuk dimakan, namun juga diorientasikan untuk bisnis dengan menjual gabah.

“Kami optimis, target sergab petani tahun ini tercapai seratus persen, sebab selama beberapa bulan terakhir serapan gabah perbulan cukup baik,” paparnya. Sabtu (01/04).

Pada bulan Maret misalnya, kata Bambang, dari target 382 ton sudah mencapai 349, 5 ton, sehingga sisanya kurang lebih 32 ton target sergap tersebut akan tercapai.

Bambang juga mengemukakan, pencapaian target sergap petani itu didukung oleh perubahan iklim bahwa musim penghujan tahun ini relatif lebih panjang, sehingga petani dapat menanam padi dua hingga tiga kali dalam semusim.

“Kami juga mendorong supaya petani menggunakan varietas pilihan yang tahan hama penyakit dan usia tanamnya pendek agar produksi pertanian khususnya padi meningkat,” katanya menerangkan.

No More Posts Available.

No more pages to load.