Cegah Penyebaran Kanker Serviks Dinkes Gelar Sosialisasi

oleh -359 views

Penulis : Doess
Editor   : Red

SUMENEP , sorotpublik.com
Merebaknya penyakit kanker Rahim wanita,(Kanker Serviks) disikapi serius oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Madura Jawa Timur.

Untuk mengantisipasi penyebaran Kanker Serviks itu, Dinkes Menggelar sosialisasi pencegahan dengan tema “Program Promotif Preventif Deteksi Dini Kanker serviks Leher Rahim” di halaman Kantor Dinkes setempat. Jum’at 29/07/2016.

Dokter Spesialis Kandungan, Rahmi Utami selaku pemateri dalam sosialisasi, menyampaikan, bahwa bagi penderita bila ingin memeriksakan kesehatan rahimnya, Pemeriksaan IVA/Pasmear tidak dipungut biaya.

Menurutnya, salah satu penyebab terjadinya Kanker Serviks ini adalah menikah di Usia muda yakni kurang dari 18 tahun.

“Sementara, berganti-ganti pasangan, dan merokok, juga termasuk juga mudahnya seorang wanita mudah dan gampang menderita Kanker Serviks, sehingga pihaknya memerintahkan agar secara rutin melakukan pemeriksaan”, Ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Ahmad Fathoni, melalui Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan, Dwi Regnani, menyatakan dari tahun2015- 2016 terdapat 150 orang terkena Kanker Serviks, tersebar di wilayah daratan dan kepulauan.

Sekedar diketahui, hadir dalam acara sosialisasi ini, diantaranya, Ibu Dharma Wanita dilingkungan Dinkes, Dandim 0827, Ketua DPRD, Kepala Dinkes, dan Kepala BPJS.