Akan Digelar Hari Senin, UNBK Tingkat SMP Sederajat di Sumenep Dipastikan Berjalan Lancar

oleh
Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Madura, Jawa Timur, Dr. Muhammad Saidi, M.Pd.I. saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (08/04/2019). (Foto: Heri/SorotPublik)

Penulis: Mi/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat tinggal menghitung hari. Namun, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, optimis ujian yang akan dimulai pada Senin (22/04/2019) nanti bakal berjalan lancar.

Berdasarkan data Disdik Sumenep, jumlah pelaksana UNBK tahun 2019 sebanyak 88 lembaga yang diikuti oleh 170 SMP sederajat. Sedangkan jumlah pesertanya sebanyak 6.839 siswa, dengan rincian laki-laki sebanyak 3.650 dan perempuan sebanyak 3.189.

Seementara untuk mata pelajaran yang akan diujikan nanti ada lima (5). Yaitu bidang studi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Plt Kepala Disdik Sumenep, Muhammad Saidi menjelaskan, UNBK tingkat SMP sederajat akan berlangsung selama empat hari. Dimulai dari tanggal 22 April dan akan berakhir sampai 25 April 2019.

“UNBK tingkat SMP sederajat akan dilaksanakan secara serentak, baik di wilayah Sumenep daratan maupun kepulauan. Kita sangat berharap kegiatan tidak menemui hambatan apapun,” katanya, Kamis (18/04/2019) kemarin.

Mengacu pada hasil simulasi UNBK yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, Saidi optimis semuanya akan berjalan dengan lancar tanpa kendala. Bahkan demi memastikan kelancaran pelaksanaan UNBK nanti, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PLN dalam hal pasokan listrik dan PT Telkom untuk penyediaan jaringan internet.

“Persiapan kita sudah maksimal. Jika nantinya pada hari H ternyata ada kendala, terutama di wilayah Sumenep kepulauan, misalnya kendala pada jaringan internet, maka kita sudah antisipasi dengan metode UNBK Offline,” ungkapnya.

Pada hari pertama UNBK nanti,  Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim bersama tim diagendakan melakukan monitoring di sejumlah sekolah wilayah Sumenep daratan. Sedangkan untuk hari kedua, direncanakan Wakil Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi yang akan melakukan pengawasan di wilayah Sumenep kepulauan.

“Nantinya Bupati Sumenep dan Wabup akan turun langsung pada sejumlah sekolah guna memantau pelaksanaan UNBK tingkat SMP sederajat nanti,” jelas Saidi.

No More Posts Available.

No more pages to load.