2 Desa Belum Tuntas Masa Bakti Akan Ikut Serta Pilkades

oleh

Penulis : Nanang

PAMEKASAN, SOROTPUBLIK.COMPelaksanaan Pilkades serentak periode tahun 2017 di Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur, oleh Bupati Pamekasan, Achmad Syafii, sudah ditetapkan akan di laksanakan tanggal 11 Oktober 2017 mendatang. Sementara untuk tahapan sosialisasi dan beberapa persiapan lainnya, akan dimulai pada bulan Juni setelah hari raya Idul Fitri.

Menurut Ach. Faisol, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD ) Pamekasan, Pelaksanaan Pilkades serentak berdasarkan masa bakti 2017, ada 11 desa yang akan berpartisipasi pada pilkades tersebut. Nanun dari informasi terbaru, terdapat 2 desa yang akan juga ikut dalam pilkades serentak, yaitu Desa Pademawu Barat dan Desa Tagengser Daya.

“Informasinya kedua desa tersebut kepala desanya akan mengundurkan diri, dan secara regulasi hal ini memang dibenarkan,” Tegas Achmad Faisol, Kadis PMD Pamekasan kepada media sorotpublik.com, selasa (16/05).

Lebih lanjut Faisol mengatakan, dengan kekosongan desa tersebut, hanya tinggal melihat kesanggupan dari BPD Desa setempat untuk menggelar atau tidak agar ikut serta di pilkades serentak periode tahun 2017 mendatang.

“Dalam hal ini, memang harus ada sinergi antara Kades dengan BPD Desa setempat, mau menggelar apa tidak,” Ungkap Ach. Faisol.

Namun jika tidak ikut pada pilkades tahun ini, penjabat kedua desa tersebut akan menjabat selama 2 tahun, sementara Pemkab tidak akan mengintervensi masalah ini.

“Kami tidak bisa melarang ataupun menganjurkan desa itu untuk melaksanakan pilkades serentak tahun ini, semua tergantung Kades dan BPD Desa setempat,” tambahnya.

Sementara itu, jumlah Desa yang akan mengikuti pilkades serentak untuk tahun 2017 ini sebanyak 11 Desa yang tersebar di lima Kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Masing-masing dua Desa di Kecamatan Batumarmar, satu Desa di Pademawu, dua Desa di Pagantenan, tiga Desa di Palengaan dan tiga Desa di Kecamatan Proppo.

Untuk Kecamatan Batumarmar,meliputi Desa Bangsereh dan Bujur Tengah, Pademawu di Jarin, Pagantenan di Ambender dan Bulangan Haji, Palengaan di Bayupelle, Kacok dan Palengaan Laok, Proppo di Billaan, Pangbatok dan Toket.

No More Posts Available.

No more pages to load.