Dari 14 Kecamatan, Sampang Hanya Ada 4 Puskeswan

oleh -963 views

Sorotpublik.comSampang, Dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) hanya ada 4 tempat saja.

4 tempat tersebut diantaranya Kecamatan Omben, Ketapang, Sampang, dan Jrengik, Sampang.

Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Sampang, Sri Handoyo Sudono, mengatakan, jumlah puskeswan masih terbatas, hal itu dikarenakan anggarannya terbatas. dan lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunan Puskeswan juga menjadi kendala utama.

“Kami tidak bisa melakukan pembangunan puskeswan disetiap kecamatan, karena anggarannya sangat terbatas,” jelasnya, Senin (28/03/2016).

Menurutnya, Selain masalah itu, pihaknya mengalami kesulitan lahan yang akan dijadikan puskeswan.

Ia menambahkan, yang paling penting yang harus dipikirkan bukan hanya pembangunan puseswan, namun dokter hewan juga paling penting disiapkan.

“Keberadaan dokter hewan juga sangat penting untuk dipikirkan, karena selama ini masih belum idela, yakni setiap dokter hewan melayani 2000 ekor ternak atau hewan, sedangkan di lapangan setiap dokter harus melayani lebih dari 2000 ekor ternak atau hewan,” terangnya.

Pihaknya berharap kedepannya selain melakukan pembangunan Puskeswan, juga harus ada penambahan dokter hewan. Sehingga keberadaan puskeswan di kecamatan tidak sia-sia.

“Intinya selain adanya upaya pemerataan pembangunan Puskeswan, kami juga akan mengupayakan penambahan dokter hewan,” pungkasnya. (Nm/Fin)