99, 99 persen Siswa SMAN 1 Arjasa Lulus UN tahun 2016

oleh -1.250 views

Penulis : Nt

SUMENEP,  SOROTPUBLIK.com  –  Sebanyak 176 siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Arjasa (Pulau Kangean), Sumenep, Madura, Jawa Timur, dinyatakan lulus Ujian Nasional (UN).

Kepala SMAN 1 Arjasa, Ahmad Sulaiman, mengatakan, sebenarnya jumlah siswanya yang ikut UN tahun 2016 sebanyak 177 orang, namun yang lulus hanya 176 atau 99,99 persen.

“Alhamdulillah, hasil terakhir dari 176 siswa itu nilainya rata-rata B. Jadi, mereka lulus sekolah,” kata Sulaiman, Senin (9/5/2016).

Untuk satu orang siswanya yang tidak lulus sekolah itu, lanjut Sulaiman, dikarenakan persoalan sikap yang tidak bisa ditoleransi.

“Berdasarkan hasil rapat bersama dewan guru dan wali kelas XII, pada tanggal 7 Mei kemarin, sekira pukul 10.00 wib, memang satu siswa tidak lulus sekolah,” Tegasnya.

Ia menuturkan, secara keseluruhan nilai yang didapat siswa-siswinya pada kelulusan tahun ini, sangat baik.

“Dengan nilai rata-rata B itu, berarti siswa-siswi kami mampu bersaing dengan siswa dari sekolah lainnya,” Tandasnya.

Sulaiman mengakui jika hasil UN tersebut bukan penentu kelulusan siswa, melainkan sebagai nilai saja.“Yang menentukan lulus tidaknya siswa, ya pihak sekolah,” Ujarnya.

Oleh karena itu, bagi satu siswanya yang belum lulus tahun ini, ia meminta supaya bersabar dan berbesar hati.

“Kami mohon maaf kepada keluarga siswa yang tidak lulus itu. Sikap kami tersebut demi kebaikan anak yang bersangkutan. Bukannya kami membencinyan tapi lebih menyayanginya dengan berusaha akan memperbaiki sikapnya, agar tahun depan bisa lulus SMA,” Pungkasnya.