Visit Sumenep 2018, Lestarikan Seni Budaya Topeng Dalang

0
10012
Wakil Bupati Sumenep

Penulis: Ismi/Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui program Visit Sumenep 2018, menggelar seni budaya topeng dalang guna untuk melestarikan budaya yang hampir terlupakan oleh generasi muda. Pergelaran topeng dalang bertempat di areal PKL Giling Bangkal, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Dalam sambutannya Achmad Fauzi, wakil bupati Kabupaten Sumenep menyampaikan, bahwa pagelaran budaya topeng dalang bukan hanya pertunjukan hiburan semata, akan tetapi juga membawa positif sebagai salah satu pendukung pengembangan sektor wisata di Kabupaten Sumenep.

“Topeng dalang bukan hanya untuk jadi hiburan rakyat, tetapi juga positif sebagai pendukung pengembangan sector wisata,” ungkapnya, Jum’at (07/08/2018).

Achmad Fauzi menambahkan, topeng dalang dari Kabupaten Sumenp juga pernah tampil di Kancah Internasional. Oleh karena itu Achmad Fauzi berharap, agar semua masyarakat Kabupaten Sumenep tetap menjaga budaya topeng dalang yang mana topeng dalang merupakan peninggalan nenek moyang terdahulu.

“Tugas kita haruslah kompak dan kerja sama antara pemerintah dan seniman untuk tetap menjaga, merawat dan melestarikan budaya-budaya lokal termasuk seni budaya topeng dalang ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY