Ketua Komisi II DPRD Sumenep, Dukung Pembangunan di Bidang Pertanian

0
18447

Penulis: Ziad/Ismi

Sumenep, SOROTPUBLIK.COM – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur terus berkomitmen mendukung adanya pembangunan di bidang pertanian dan perekonomian. Ketua Komisi II DPRD Sumenep akan  mengawal pembahasan raperda tentang lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B).

Nurus Salam selaku Ketua Komisi II DPRD Sumenep mengatakan, di Sumenep banyak sekali lahan produktif, yang mana nantinya Lahan itu harus dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Karena itu, pihaknya membuat raperda tentang LP2B. Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DPTPHP) Sumenep telah melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah untuk mempelajari LP2B.

“Di Sumenep banyak lahan produktif, yang mana lahan itu harus di fungsikan sebagai mana mestinya, dan LP2B sudah melakukan kunjungan ke jawa tengah,” ungkapnya, Senin (30/04/2018).

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, pemkab tidak akan bisa mendukung swasembada pangan jika lahan pertanian dijadikan perumahan, perkantoran, dan infrastruktur lainnya dan nantinya LP2B memberikan proteksi kepada pihak pemerintah dan swasta. Jika kemudian memanfaatkan lahan pertanian berkelanjutan, harus ada ganti tiga kali lipat.

“Pemkab Sumenep tidak akan bisa mendukung swasembada pangan jika lahan pertanian dijadikan perumahan, perkantoran, dan infrastruktur lainnya,” tambahnya.

Pihaknya berharap, lahan pertanian produktif tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang hanya mengharapkan keuntungan semata. Menurutnya, lahan pertanian harus dimanfaatkan untuk kepentingan pertanian.

“Harapannya, tidak digunakan untuk kebutuhan infrastruktur. Terlebih, pemerintah sedang menggalakkan swasembada panganketua,” harapnya.

LEAVE A REPLY