Kepemilikan Tanah di Madura, Milik Raja Sumenep

0
608
Foto Sedang Eror

Penulis : Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Berdasarkan temuan toko pemuda Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, bahwa kepemilikan tana yang ada dipulau madura, seperti Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, termasuk juga Kabupaten Sumenep dan kepulauannya yang kepemilikan tanahnya dimiliki raja Sumenep. Hal itu berdasarkan surat kepemiliki tanah terdahulu yang namanya egendom.

Egendom tersebut ditemukan dibelanda dan diselamatkan oleh salah satu tokoh pemuda yang perduli dengan peninggalan raja – raja sumenep terdahulu.

“Kepemilikan tanah yang ada dipulau madura milik raja sumenep, yang surat tanah tersebut dikenal dengan nama egendom, jadi egendom itu, menurut teman – teman saya yang memburu egendom tersebut, didapat dibelanda, berarti sebagian dari keluarga keraton menggadaikan kepada pihak kerajaan belanda. Entah itu karna faktor apa, atau ekonomi kami belum tau. Yang jelas egendom tersebut ditemukan dibelanda dan surat egendom aslinya ada di saya,” tutur Suhardi, kepada jurnalis sorotpublik.com saat berkunjung ke redaksi media online sorotpublik.com.

Suhardi selaku Lembaga Swudaya Masyarakat (LSM) berniat untuk mengembalikan surat kepemilikan tanah tersebut kepada pihak keluarga keraton, agar kepemilikan tanah yang berada di pulau madura tersebut tidak jatuh lagi ketangan orang asing.

“Saya berniat mengembalikan egendom ini kepada pihak keluarga keraton, agar egendom tersebut tidak lagi pindah tangan kepada orang asing,” pungkasnya.