Bantuan Beras Cadangan Mubazir

0
298

Penulis : Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Program  bantuan beras cadangan pemerinrah (BCP) yang diberikan  kepada masyarakat korban bencana alam, diminta ditinjau ulang oleh anggota DPRD Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Pasalnya, program tersebut dinilai mubazdir, dan hanya buang-buang anggaran saja.

“Sepertinya program BCP di sumenep tidak maksimal, setiap tahunnya tidak ada realisasi BCP, makanya perlu ditinjau ulang,” kata  Jubriyanto, anggota komisi IV DPRD Kabupaten Sumenep.

Menurutnya, program BCP merupakan salah satu program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat yang mengalami keadaan darurat dan kerawanan pangan pasca bencana. BCP  juga dapat dimanfaatkan dalam upaya pemerintah mengendalikan terjadi gejolak harga beras.

Sementara penentuan adanya bencana yang dapat memanfaatkan BCP itu berdasarkan rekomendasi dari BMKG yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk surat rekomendasi dari pemerintah daerah / kota.  Adapun pemanfaatan pangan dalam upaya penanganan rawan pangan dapat berupa bantuan sosial, masalah pangan dan keadaan darurat dan kerawanan pangan.

“Sementara sejak beberapa tahun terakhir di sumenep tidak pernah ada bencana yang sampai memerlukan program itu. Meskipun ada, masih bisa diatasi oleh pemerintah daerah melalui BPBD (badan penanggulangan bencana daerah) setempat,” terangnya.

Sedangkan anggaran BCP dalam setiap tahunnya, dianggarkan sebanyak 100 ton beras.