PJS Sudarmawan Akui Kehebatan Sumenep

0
290

Sorotpublik.com – Sumenep, PJS Bupati Sumenep Akhirnya akui kehebatan Kabupaten Sumenep melalui beberapa prestasi yang di proleh. Salah satunya Dinas Koprasi Dan UMKM Kabupaten Sumenep. Hal tersebut disampaikan Sudharmawan saat memberikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Pembentukan Infrastruktur Keuangan Lembaga Mikro Keuangan Berbasis Kelompok Fungsional di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Selasa (15/12).

“Dalam beberapa tahun terahir, Kabupaten Sumenep sangat eksis dan komitmen dalam pengembangan koperasi sebagai tungku perekonomian,” ujar Sudharmawan.

Komitmen Kabupaten Sumenep tersebut, terang Sudharmawan, dapat dilihat baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Jumlah Koperasi yang ada, misalnya, terus bertambah dari tahun ketahun. Pada tahun 2010, jumlah koperasi di Sumenep sebanyak 782 unit, jumlah tersebut bertambah signifinikan pada tahun 2015 sebanyak 1.255 koperasi.

Peningkatan jumlah koperasi ini diikuti pula dengan anggota koperasi yang mengalami peningkatan lebih 100%. Pada tahun 2010, jumlah anggota koperasi Sumenep sebanyak 70.000 anggota, angka tersebut melesat jauh pada tahun 2015 sebanyak 165. 230 anggota.

“Sementara dalam segi kualitas, Dinas Koperasi Kabupaten Sumenep meraih 4 penghargaan sejak tahun 2012. Baik itu di tingkat Provinsi atau Nasional. Bahkan pada tahun 2015, Kabupaten Sumenep berhasil meraih penghargaan Bhakti dan Lencana Koperasi yang diserahkan langsung oleh Presiden kita,” terang Sudharmawan.

Selain itu, Pj sekaligus Kepala BPBD Provinsi Jawa Timur ini menjelaskan kepada Diskop Jatim tentang inovasi yang dilakukan oleh Kabupaten Sumenep untuk memanjakan para pelaku UMKM. Hal itu diwujudkan dengan adanya program Pusyar-IB yang memberikan simpanan kepada pelaku UMKM tanpa dikenakan biaya bunga.

“Kita telah sepakat bahwa gerakan koperasi tidak hanya sebagai mesin ekonomi, namun juga dalam penyerapan tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran. Oleh karena itu, tepuk tangan untuk Dinas Koperasi Kabupaten Sumenep,” terang Sudharmawan. (Ji/Fin)

LEAVE A REPLY