Kera Serang Tanaman Petani Sumenep, Bupati Minta Penghijauan Hutan

0
271

Sorotpublik.com – Sumenep, Akhir-Akhir ini kera liar mulai menyerang tanaman warga Sumenep, Madura, Jawa Timur, hingga membuat resah para petani yang menanam diladang, karena sejumlah tanaman warga setempat dirusak.

Kera liar tersebut serang tanaman warga Dusun Batoguluk, Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, dan warga Dusun Tembing, Desa Banjar Barat, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep.

 “Mengkawatirkan mas, takutnya nanti tanaman kami habis dimakan kera, sementara kami takut untuk mengusirnya,” jelas Marzuki petani setempat.

Menurutnya, kera yang menyerang tanaman petani di sejumlah daerah di Kabupaten Sumenep dalam kapasitas banyak. Sehingga warga tidak berani untuk mengusir sekumpulan kera tersebut.

Sementara Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, mengungkapkan, kera tersbut mulai merusak tanaman warga, karena hutan mulai gundul. Dan kera tidak menemukan makanan di gunung.

“Monyet turun gunung itu, salah satu faktornya karena hutan mulai gundul, sehingga mereka berkeliaran mencari makan,” Ujar orang nomor satu di Sumenep, Senin (22/02/2016) pada sejumlah media.

Ia meminta agar masyarakat setempat beserta Pemerintah Daerah (Pemda) Sumenep, harus berusaha bersama utuk mengatasi itu semua. Dan solusinya dimulai dari penghijauan.

“Hutan yang kita miliki ini harus segera dikakukan penghijauan,” pungkasnya. (Fin)

 

LEAVE A REPLY