Ini Dia Beberapa Penyebab Penyakit Ginjal

0
400

Sorotpublik.com – Sumenep, Tidak heran banyak orang yang ingin tahu apa saja penyebab sakit ginjal karena penyakit ini merupakan momok yang menakutkan bagi banyak orang. Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit ginjal ini yang sebenarnya bisa dihindari namun kadang masyarakat meremehkannya. Sakit ginjal ada banyak sekali jenisnya, namun hampir seluruh sakit pada ginjal yang tidak diobati dapat berujung pada gagal ginjal. Sehingga artikel ini akan membahas mengenai penyebab sakit ginjal yang berupa gagal ginjal.

Penyebab Sakit Ginjal yang Paling Umum

Penyakit gagal ginjal dapat dibagi menjadi 2 macam berdasarkan perjalanan penyakitnya. Yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal akut terjadi mendadak dalam waktu cepat dan kurang dari 3 bulan. Sedangkan gagal ginjal kronis merupakan keadaan gagal ginjal dimana kerusakan ginjal terjadi perlahan-lahan dan sudah terjadi lebih dari 3 bulan. Baik gagal ginjal akut maupun kronis dapat menyebabkan kematian, pasalnya ginjal adalah salah satu organ yang paling penting di tubuh kita. Penyebab sakit ginjal yang akut berbeda dengan tipe kronis, berikut selengkapnya:

Penyebab gagal ginjal akut

Gagal ginjal akut merupakan kondisi yang lebih darurat dibandingkan gagal ginjal kronis. Pasalnya gagal ginjal akut terjadi dengan cepat yang dapat merusak hampir seluruh organ ginjal sehingga dapat menyebabkan kematian bila tidak mendapat pertolongan segera. Berikut adalah penyebab sakit ginjal akut:

Kurang Cairan / Dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyebab sakit ginjal nomor satu. Beberapa hal yang dapat menyebabkan dehidrasi adalah diare (BAB lebih dari 3x sehari), perdarahan yang banyak, muntah-muntah hebat dan demam tinggi. Seseorang yang menderita keadaan di atas tidak boleh kurang minum karena dapat memperparah keadaan dehidrasinya.

Beberapa Macam Obat

Jenis obat tertentu membuat rentan menderita gagal ginjal akut. Tidak semua obat dapat menyebabkan sakit ginjal. Obat yang dimaksud di sini adalah obat penahan nyeri, obat kanker, beberapa macam antibiotik dan obat anti darah tinggi. Penggunaan obat ini menjadi lebih berisiko bila dimakan secara bersamaan pada saat tubuh kekurangan cairan. Namun jangan takut mengkonsumsi obat ini bila sudah berkonsultasi dengan dokter.

Infeksi

Contoh penyakit infeksi yang menjadi penyebab sakit ginjal adalah malaria, demam berdarah dengue dan leptospirosis. Keadaan infeksi ini dapat sedemikian rupa membuat tubuh menjadi dehidrasi serta merusak ginjal secara langsung hingga menyebabkan gagal ginjal. Maka, bila Anda menderita sakit di atas jangan ragu membawa diri Anda ke rumah sakit.

Luka Bakar

Penyebab sakit ginjal kali ini adalah luka bakar yang luas, biasanya lebih dari 30% luas tubuh. Luka bakar akan merusak kulit sehingga kulit tidak dapat menjalani fungsinya dengan optimal. Hal ini rentan menyebabkan air mudah menguap dari kulit yang terbakar sehingga rentan menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

Bencana Alam dan Kecelakaan

Korban bencana alam misalnya saja gempa bumi yang tertimbun di rereuntuhan berhari-hari dapat menderita gagal ginjal akut karena keadaan dehidrasi. Selain dehidrasi, hancurnya otot yang tertimpa oleh reruntuhan juga dapat menyebabkan gagal ginjal karena zat yang dilepaskan dari otot yang luka tersebut. Kecelakaan yang melibatkan banyak luka parah pada otot juga dapat menjadi penyebab sakit ginjal.

Sumbatan Saluran Kencing

Sumbatan di salah satu saluran kencing (mulai dari ginjal ssaluran kencing yang paling akhir) yang bersifat kronis dapat membuat air kencing sulit dibuang dan akhirnya kembali ke organ ginjal sehingga merusak ginjal. Sumbatan dapat dalam bentuk apa saja. Sebab yang paling sering ialah pria dengan pembesaran prostat yang tidak diobati. Penyebab lainnya adalah batu ginjal yang tidak diobati dan penyembuhan yang tidak sempurna dari saluran kencing yang pernah sakit sebelumnya sehingga terjadi penyempitan.

Konsumsi Petai dan Jengkol yang Berlebihan

Petai dan jengkol yang dimakan dalam jumlah yang sangat banyak dalam satu waktu (sekali makan) dapat menyebabkan gagal ginjal akut. Penyebab sakit ginjal ini tidak jarang terjadi di Indonesia.

Penyebab gagal ginjal kronis

Angka kejadian gagal ginjal kronis lebih banyak dibandingkan gagal ginjal akut. Hal ini dikarenakan penyebab sakit ginjal ini lebih umum daripada gagal ginjal akut. Hampir sebagian besar orang yang cuci darah disebabkan oleh penyakit ini. Berikut adalah penyebab gagal ginjal kronis yang paling sering:

Diabetes Melitus / Kencing Manis

Kencing manis yang telah berjalan lama dan tidak diobati terus-menerus sangat sering menyebabkan gagal ginjal kronis. Bahkan gagal ginjal kronis biasa menjadi komplikasi kencing manis yang tak jarang merenggut nyawa. Kencing manis adalah penyebab nomor satu gagal ginjal kronis di dunia.

Darah Tinggi

Selain menyebabkan penyakit jantung dan stroke, darah tinggi juga dapat menyebabkan gagal ginjal kronis. Penyakit darah tinggi yang telah berjalan dalam waktu lama dan tidak pernah mendapat pengobatan sangat sering berakhir di keadaan gagal ginjal kronis. Maka mengontrol dan mengobati tekanan darah Anda merupakan hal yang sangat penting.

Radang Pada Ginjal

Radang pada ginjal dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab. Yaitu penyakit infeksi dan penyakit imunitas. Penyakit infeksi yang sering menyebabkan gagal ginjal kronis adalah infeksi ginjal berulang dan penderita penyakit HIV. Sedangkan penyakit imunitas yang sering menyebabkan penyakit ginjal adalah lupus.

Penyakit Ginjal Polikistik

Penyebab sakit ginjal yang satu ini merupakan suatu penyakit yang biasanya bersifat genetic atau keturunan. Sulitnya ialah penyakit ini tidak memberikan gejala sehingga biasanya baru memberikan gejala setelah fungsi ginjal sudah menurun drastis.

Gejala Penyakit Ginjal Secara Singkat

Gagal ginjal akut dan kronis memberikan gambaran klinis yang berbeda.

Gejala gagal ginjal akut

Kencing sedikit dan air kencing dapat berwarna sangat keruh bahkan kemerahan

Perasaan mengantuk atau tidak sadar

Bengkak pada kaki dan tungkai

Sesak napas

Mual, muntah

Diare

Kejang

Gagal ginjal akut juga kadang tidak menimbulkan gejala

Gejala gagal ginjal kronis

Tidak menimbulkan gejala pada fase awal. Seiring berjalannya tingkat keparahan penyakit, gejala klinik akan makin jelas.

Warna kulit menjadi semakin gelap

Warna kulit yang semakin pucat

Sering merasa mengantuk

Sering mual dan muntah

Sulit konsentrasi, mudah mengantuk

Nyeri tulang

Gatal tanpa sebab

Darah pada tinja

Perut membesar dan kencang (terisi cairan)

Sesak nafas

Penyakit ginjal merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat mengancam nyawa. Penyebab penyakit ginjal sendiri terdiri dari berbagai macam hal. Namun setelah mengetahui apa saja penyebab penyakit ginjal, tentunya kita kini dapat menghindari keadaan yang mencetuskan terjadinya penyakit ginjal. Terutama mengobati kencing manis, darah tinggi dan mencegah kondisi dehidrasi. Gejala penyakit ginjal sendiri sebenarnya kurang spesifik. Gejala utama penyakit ginjal ialah pengeluaran urin yang sangat sedikit. Bila Anda mendapati gejala gagal ginjal kronis disertai riwayat penyakit darah tinggi atau kencing manis sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter. Semoga artikel ini berguna bagi Anda.

Sumber : Dedaunan.com

LEAVE A REPLY