Ini Dia Bahaya Makan Larut malam

0
331

Sorotpublik.com – Sumenep, Tahukah anda bahwa makan tengah malam itu memiliki resiko tinggi bagi kesehatan tubuh, banyak sekali efek buruk dari mengkonsumsi makanan berat ataupun camilan pada malam hari sebelum anda pergi tidur. Berikut adalah beberapa dampak makan atau ngemil tengah malam sebelum tidur.

  1. Menambah Berat Badan

Salah satu dampak buruk yang mungkin terjadi apabila mengkonsumsi makanan berat atau camilan pada malam hari sebelum tidur adalah naiknya berat badan anda secara drastis. Mengapa hal ini bisa terjadi? Perlu anda ingat, bahwa setiap makanan dan camilan yang masuk ke dalam tubuh memiliki kandungan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas.

  1. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit lanjutan dari terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh. Apabila memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur, maka bersiaplah dengan munculnya penyakit ini, yang disebabkan oleh penumpukan lemak yang terjadi karena gaya hidup tidak sehat ini.

  1. Serangan Jantung

Serangan jantung dapat terjadi sebagai akibat lemak yang menumpuk, dan memiliki resiko menyumbat bagian-bagian pembuluh darah. Hal ini akan meningkatkan resiko dalam mengalami serangan jantung, disamping faktor-faktor lainnya.

  1. Mempengaruhi Pola dan Kualitas Tidur

Kalori merupakan suatu bahan bakar yang diperlukan tubuh, sehingga tidak bisa membuatnya cepat tidur dan pasti akan terjaga sejenak. Hal ini karena makanan yang mengenyangkan akan memberi stimulus untuk melakukan suatu pekerjaan, bukannya tidur.

  1. Acid Reflux

Acid reflux merupakan suatu kondisi medis dimana asam lambung akan naik ke daerah kerongkongan atau tenggorokan. Hal ini disebabkan ketika langsung berbaring dan berusaha untuk tidur setelah mengkonsumsi makanan berat atau camilan pada malam hari.

  1. Heart Burn

Heart burn memeiliki penyebab mirip dan sama dengan penyebab acid reflux. Kondisi heart burn terjadi ketika merasakan rasa panas dan tidak nyaman pada bagian dada setelah mengkonsumsi makanan pada malam hari sebelum pergi tidur. Hal ini sama-sama disebabkan oleh asam lambung yang naik ke bagian rongga dada, sehingga menimbulkan efek panas dan tidak nyaman pada bagian rongga dada anda. Namun demikian, kondisi heart burn ini jarang terjadi, pada kondisi normal.

  1. GERD ( Gasteophageal Reflux )

GERD atau Gasteophageal Reflux merpakan suatu gejala lanjutan yang terjadi karena timbulnya Heart Burn. Apabila merasakan gejala heart burn yang sering muncul ketika mengkonsumsi makanan berat ataupun camilan pada malam hari sebelum anda tidur, maka anda harus memeriksakannya ke dokter. Ada kemungkinan tubuh menderita GERD atau Gasteophageal Reflux tersebut.

Sremoga apa yang dibahas dari atas bisa memberikan menfaat bagi para pembaca, dan bisa memberikan pemahaman, sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga b isa menjaga ksehatan. (Fin)

Diolah dari berbagai sumber

 

LEAVE A REPLY