Cegah Penyakit Diabetes Melitus, Pustu Desa Longos Gelar Penyuluhan

0
319

Sorotpublik.com – Sumenep, Untuk memberikan pemahaman tentang penyakit diabetes melitus kepada masyarakat, Puskesmas Pembantu Desa Longos, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur gelar punyuluhan yang bertempat di Posko Pustu Desa Longos, Rabu (17/02/2016).

Kepala Pustu Desa longos, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Zainal Mengungkapkan, hal itu dilakukan karena masyarakat perlu pemahaman tentang penyakit diabetes militus, agar masyarakat hati-hati terhadap bahaya penyakit tersebut.

“Kan masyarakat juga perlu pemahaman tentang penyakit yang satu ini, makanya kami adakan penyuluhan ini,” tuturnya kepada sorotpublik.com.

Menurutnya, penyakit diabetes melitus atau yang bisa disebut kencing manis sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat, karena penyakit tersebut meningkatkan resiko komplikasi dalam jangka panjang. Hal itu berkembang setelah 10-20 tahun, tetapi bisa saja gejala pertama muncul pada mereka yang belum terdiagnosis selama waktu tersebut.

Komplikasi utama jangka panjang adalah rusaknya pembuluh darah. Penderita diabetes dua kali lebih beresiko untuk mendapat penyakit kardiovaskula.

Hal ini dilakukan untuk membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep untuk memberikan pemahaman dan mencegah meluasnya penyakit diabetes melitus.

“Semoga dengan penyuluhan ini penyakit diabetes melitus ini bisa berkurang di Kabupaten Sumenep, terutama di Desa Longos,” Pungkasnya.

Dalam penyuluhan penyakit diabetes melitus tersebut di hadiri oleh tiga orang perwakilan UPT Puskesmas Kesehatan Kecamatan Gapura, serta masyarakat Desa Longos dari perwakilan Dusun masing-masing. (Fin)

LEAVE A REPLY