Campor, Panganan Nikmat Khas Sumenep

0
454

Sorotpublik.com – Sumenep, Pulaua Madura benar-benar memiliki banyak keunikan dan potensi, salah satunya kuliner campor. Disebut campor karena panganan ini terdiri dari berbagai macam bahan, salah satunya bahan untuk rujak, soto dan kaldu.

Seperti, koeket singkong, lontong, daun bawang serta tulang muda sapi dan mie so’on, serta ada yang menggunakan kacang ijo. Bahan-bahan yang sudah di siapkan di piring atau mangkok lalu disiram dengan kuah soto dengan dicampur santan cair dan bumbu kacang, dan sajikan dengan kecap, dan siap dinimkmati.

Caranya mebuatnya, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan kayu manis dan cengkeh aduk lagi, lalu tuang ke dalam panci berisi kaldu air kurang lebih 1,5-2 liter dan daging, masukkan daun bawang goreng.

Biasanya kuliner campor ini bisa ditemukan di Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep. Dan tidak sulit menemukannya, cukup datang ke Lenteng dan banyak yang berjualan Campor ini di pinggir jalan.

Tetapi meskipun banyak yang berdagang di pinggir jalan, kuliner ini memiliki kenikmatan tersendiri, karena perpaduan dari tiga kuliner, dan juga menjadi kuliner khas Sumenep. (Fin)

LEAVE A REPLY