Aktifis Berencana Bentuk Kepulauan Jadi Kabupaten

0
240

SUMENEP, sorotpublik.com – Hari ini, ratusan pemuda kepulauan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan menggelar mimbar bebas di pelabuhan Kalianget, Kecamatan Kalianget, sekitar pukul 2.00. Wib.
Aksi mimbar bebas tersebut, direncanakan digelar diatas kapal Sumekar, dengan melibatkan tokoh masyarakat kepulauan, pemuda, serta mahasiswa asal kepulauan.

Sementara maksud dan tujuan dari aksi mimbar bebas itu, adalah untuk menyuarakan persiapan pembentukan kabupaten kepulauan, yang pernah digagas para sesepuh kepulauan tahun 1999.

“intinya kami pemuda kepulauan, hanya melanjutkan cita-cita sesepuh yang pernah menggagas kabupaten kepulauan tahun 1999. Masalah kabupaten kepuluan bukan rencana baru, tapi sudah digagas 17 tahun lalu, profosalnya sudah pernah masuk ke presiden, pada zamannya Gusdur,” kata A Raful Firaq, Sekjen Panitia Pembentukan Kabupaten Kepulauan, Minggu (8/5/2016).

Menurutnya, pembentukan kabupaten kepulauan tersebut, bukan berarti masyarakat kepulauan akan memusuhi Kabupaten Sumenep. Akan tetapi masyarakat kepulauan ingin membantu pemerintah Kabupaten Sumenep, utamanya soal pelayanan.
Sehingga kedepannya pemerintah Sumenep tidak perlu capek-capek lagi memikirkan pembangunan di kepulauan. Karena masyarakat kepulauan sudah mandiri, dan bisa mengurus kebutuhannya sendiri.

“Berpisahnya kami dengan Sumenep, bukan bermaksud memusuhi, tapi untuk membantu pemerintah utamanya dalam hal percepatan pembangunan. Tapi nama Kabupaten Sumenep tetap kami pakai, seperti Kabupaten Kepulauan Sumenep), jadi nama Sumenep tetap tidak kami buang,” bebernya.(Red/diens)

LEAVE A REPLY