Puluhan Produk Rokok Tanpa Cukai Marak Beredar di Sumenep

0
432

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Sebanyak tujuh puluh jenis rokok tanpa cukai ditemukan beredar di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Puluhan rokok tanpa pita cukai itu beredar di semua desa dari pelosok hingga perdesaan.

Rokok_rokok itu harganya dijual dibawah Rp 5000, sangat murah dibandingkan dengan harga rokok yang suda berpita cukai. Tidak heran bila pangsa pasar rokok ini ramai pembeli, utamanya di perdesaan.

“Salah satu rokok tanpa cukai itu diantaranya, rokok bermerk Luxio, Pena Mild, dijual Rp 4000 dan Rp 25.000,”  Kata Kabid Promosi dan Perlindungan Konsumen Disperindag Sumenep. Cicik Suryaningsih. Senin (27/02).

Dijelaskan Cicik, sebanyak 70 bungkus rokok tanpa pita cukai samplenya sudah diamankan di kantornya.

“Kami melakukan pendekatan ke pemilik warung supaya selektif dan tidak mau bila akan dititipkan rokok tanpa pita cukai, sebab berbahaya dan kandungan nikotinnya berbahaya, ” paparnya.

Untuk perusahaan rokok tanpa pita cukai itu kata Cicik susah di deteksi, karena tata- rata di bungkus rokok tersebut tidak tercantum nama dan alamat perusahaan.

” Untuk penarikan rokok tersebut kami tidak punya kewenangan, biarlah pihak terkait yang melakukan. Sebab kami intens di pengawasan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY