Meski Dihantui Rasa Was-was Petani Tetap Tanam Tembakau

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMSejumlah petani tembakau di Desa Pakondang, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, saat ini mulai menanam tembakau. Meskipun hujan masih saja terjadi, dengan modal pasrah petani tetap saja menanam tanaman yang dikenal dengan sebutan daun emas ini.

Namun demikian, berdasarkan hitung hitungan bulan dan kepercayaan yang menjadi rujukan petani, bahwa bulan ini memang sudah masuk dan sudah saatnya menanam tembakau.

“Bulan ini berdasarkan hitungan tahun sudah memasuki masa tanam, sehingga petani tembakau Desa Pakondang mulai menanam tembakau,” kata Mahfud menjelaskan. Sabtu (03/06).

Menurutnya, namun petani yang memulai menanam tembakau sedikit was-was sebab dalam beberapa hari ini hujan kembali turun meski tidak terlalu deras.

“Sedikit was-was dengan hujan ini tapi tak masalah kita pasrah saja pada kuasa tuhan,” ucapnya.

Kabid Perkebunan Dispertahorbun Sumenep, Hamid menyatakan ploting area untuk tanaman tembakau tahun 2017 ini sebanyak 21.893 hektar. Sementara daerah yang masuk potensi ditanami tembakau ada di 18 kecamatan di Kabupaten Sumenep salah satunya Kecamatan Pasongsongan.

“Memang sekarang masuk musim kemarau, namun tidak semua lahan bisa ditanami tembakau, tembakau akan baik bila ditanam di tempat yang baik pula,” paparnya.

Pihaknya menghimbau agar petani menanam tembakau yang baik dan benar dengan mengikuti standar penanaman, bila tidak produktif jangan dipaksakan untuk ditanami tembakau.