Masyarakat Kawatirkan Abrasi Pantai

oleh
Abrasi Pantai di Dungkek

Penulis : Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Masyarakat Dusun Toraja, Desa Romben Barat, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kawatirkan adanya abrasi pantai di sepanjang pantai Romben Barat. Pasalnya abrasi pantai yang terjadi di romben barat sudah terlalu jauh mengikis perkebunan milik warga setempat.

Bukan hanya itu, warga setempat juga  mengira jika abrasi pantai tetap dibiarkan dan tidak ada tindakan dari pemerintah Kabupaten Sumenep untuk menanggulanginya, ditakutkan akan berdampak pada jalan raya Dungkek. Karena sampai saat ini pengikisan pantai sudah berjarak 5 miter dari jalan raya Dungkek, dan nantinya juga akan berdampak pada pemukiman warga yang berada di pinggir pantai. Otomatis akan mengakibatkan kerugian kepada warga setempat.

“Kami kawatir beberapa tahun lagi ini akan sampai ke jalan raya kalau tetap di biarkan,” tutur Rusydi tokoh pemuda setempat.

Menurut Rusydi, pihak pemuda setempat sudah pernah berkomunikasi dengan pihak Kecamatan Dungkek dan DRPD Kabupaten Sumenep. namun belum mendapat tanggapan yang serius, terkait hal tersebut.

“Kami bahkan sudah melayangkan surat terkait dengan adanya abrasi disini ke dewan, namun sampai saat ini belum ada tindak lanjut,” sambungnya, kepada jurnalis media online sorotpublik.com.

Pihaknya berharap akan adanya bantuan pencegahan dari pemerintah Kabupaten Sumenep. Baik berupa tangkis laut disepanjang pantai Romben Barat atau ada cara lain yang lebih efektif dari Pemerintah Kabupaten Sumenep. Agar abrasi tidak semakin jauh mengikis perkebunan dan tidak semakin merugikan masyarakat setempat. Serta kekawatiran masyarakat setempat akan terobati dan merasa tenang.