Gedung Geleri Seni Dibiarkan Mubadzir

oleh

Penulis : Doess
Editor   : Red

SUMENEP , sorotpublik.com
SABTU (21/5/2016).
Keberadaan Gedung Galeri Seni Rupa di Stadion Lapangan Giling, Desa Pangarangan, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur,dibiarkan mubadzir.

Padahal anggaran biaya pembangunan yang satu paket dengan stadion lapangan menelan biaya diatas 1 miliar lebih,dari APBD dan APBN tahun 2013.

Berdasarkan amatan di lokasi, Sabtu, 21/05/16, didalamnya hanya terlihat sejumlah lukisan, dua buah lukisan dipaku ditembok, dan sejumlah lukisan lainnya ditumpuk dilantai. Bahkan asbes didalam gedung itu mulai rusak dan berjatuhan ke lantai.

Dedi Ariyanto, Seorang Warga yang kebetulan nongkrong di depan Gedung galeri seni, mengatakan, bila dilihat dari kondisi gedung seperti sekarang ini, spertinya pembangunan gedung ini hanya buang-buang anggaran.

” Ini gedung manfaatnya tidak bisa dirasakan oleh masyarakat, itu bisa dilihat dari tidak terawatnya gedung ini, terbukti, ruangan di dalam kumuh, dan lukisannya dibiarkan berserakan diatas lantai,” ungkap Dedi.

Jika pihak terkait serius mengelola, seharusnya ada kegiatan yang bisa dilihat dan diketahui oleh masyaraka.”Terus terang,masyarakat sampai sekarang ini belum tau kalau ini gedung galeri seni, karena setiap hari gedung ini tutup”, Tutur Dedi.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep, Sufiyanto, ketika mau dikonfirmasi tentang hal ini melalui telepon, handphone nya sedang tidak aktif.