Topeng Budaya Madura Kembali Jaya Lagi

oleh
Foto Sedang Eror

Penulis : Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Budaya tradisional madura yang hampir punah karena dikikis jaman moderenisasi kini eksis lagi, seperti halnya topeng adalah suatu kesenian drama tradisional dari pulau madura merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang dipergelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan, dan sebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik.

Umar salah seorang warga desa jelbudan yang sering melihat pertunjukan budaya tradisional tersebut menuturkan, dirinya merasa senang dengan budaya topeng.

“Saya Merasa Senang Dengan Budaya Tradisional Topeng, karena alur ceritanya menggambarkan kehidupan sehari-sehari, kadang ada alur ceritanya yang menceritakan tentang kerajaan,” tuturnya.

Umar juga berharap terhadap masyarakat dan pemerintah terkait agar budaya tradisional yang ada disekitar kita khususnya topeng yang pernah di banggakan oleh nenekmoyang agar jangan ditinggal.

“Semoga saja masyarakat dan pemerintah terkait tidak melupakan topeng, sebab topeng pernah menjadi kebanggaan nenek moyang,” harapnya.