Eksotika Air Terjun Pemandian

oleh
Air terjun pemandian Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Sumenep

Penulis : Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM Ternyata Kabupaten Sumenep memiliki aset yang sangat bagus. yaitu wisata air terjun yang terletak di Dusun Lenteng, Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, Tempat ini berada di garis bujur 113.7223T dan garis lintang 6.974795.

Pemandangan air terjun ini memiliki nilai yang Eksotis. Airnya jernih berwarna biru, dan dingin, meski dalam keadaan Panas, Air terjun ini sering di sebut Air Terjun Pemandian. memiliki ketinggian sekitar 7 meter dari permukaan air, dan memiliki panjang 30 meter. sementara lebar kawahnya sekitar 30×10 meter. dengan kedalaman sekitar satu dada orang dewasa.

“Pemandangan indah Sekali, saya dan teman-teman sengaja datang kesini untuk mengetahui kebenaran apa yang di sampaikan oleh teman saya, ternyata benar,” tutur Zainal Arifin Warga Desa Paberasan

Di tebing bagian timur ada gua yang sudah tertutup oleh sampah dan kayu- serta rerumputan yang liar. Hal ini disebabkan karena tidak ada yang memperhatikan gua tersebut. Sementara dibagian baratnya ada sumber air yang besar. menurut Ahmad Ali (40) warga sekitar, konon di bagian barat juga tempat orang-orang jaman dulu melakukan ritual nyepi (bertapa). Ada batu-batu besar dibagian baratnya.

“Dulu disini tempat orang bertapa, tapi sekarang sudah tidak ada yang merawat lokasi ini, jadi kotor sekali” tuturnya

Kenapa air terjun pemandian? Tidak ada yang tahu mengenai asal nama itu, tapi banyak orang mengenalnya sebagai air terjun pemandian. Mungkin karena air terjun ini dijadikan pemandian bagi masyarakat setempat maka disebut air terjun pemandian. Tidak ada yang menyadari bahwa air terjun pemandian ini memiliki potensi wisata yang besar jika di kembangkan dan dikelola dengan benar.

Di atas air terjun pemandian ada penampungan air yang digunakan untuk mandi. Sementara di genangan di curah air terjun hanya di tempati mandi oleh orang-orang tertentu. Kadang para siswa yang menyempatkan mandi di air terjun pemandian tersebut.

Namun tidak hanya itu, air tenjun pemandian ini juga di jadikan sumber kehidupan bagi masyarakat setempat. Di dinding tebing air terjunnya di kasih peralon dialirkan ke sawah-sawah untuk keperluan tembakau atau tani yang lainnya. Ada juga yang mengalirkan air terjun ini untuk keperluan sehari-hari misalnya untuk mengisi kamar mandi. Sebelum ada aliran listrik, air terjun ini dijadikan sumber pembangkit litrik dengan di letakkannya Dinamo dialiran airnya.