Penutupan FKMA V di Sumenep, Dimeriahkan dengan Parade Musik Tong-tong

oleh
Bupati Sumenep, KH. A. Busyro Karim saat melepas peserta Parade Musik Tong-tong dalam rangka penutupan FKMA V dan Hari Jadi Sumenep ke-749 di halaman Masjid Jamik Sumenep. (Foto: Ismi/SorotPublik)

Penulis: Ismi/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Dalam rangka penutupan Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asia (FKMA) V 2018, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sebagai tuan rumah menggelar Lomba Musik Tong-tong. Parade yang dihadiri sultan dan raja-raja se-Asia Tenggara tersebut start dari Jalan Trunojoyo depan Masjid Jamik, lalu finish di Kantor PLN Sumenep, Jalan Urip Sumoharjo, Pabian.

Saat pembukaan, para penonton disuguhi sejumlah tarian tradisional khas Sumenep. Di antaranya tarian Codik Sumekar, Kembhang Paseser dan disusul dengan tarian Topeng Dalang.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Sufiyanto mengatakan, maksud dan tujuan pergelaran musik tong-tong tersebut, yaitu memberi peluang kepada para seniman tradisional untuk menampilkan karyanya di bidang musik. Selain itu, parade tersebut bertujuan pula mengukuhkan eksistensi musik tong-tong sebagai bagian daripada kekayaan seni dan budaya tradisional Madura.

“Tentu saja, parade musik Tong-tong ini digelar untuk mendukung suksesnya FKMA ke-5 serta memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sumenep yang ke-749,” ungkap Sofi, panggilannya, Selasa malam (30/10/2018).

Dijelaskan, peserta yang mengikuti parade musik Tong-tong itu sebanyak 24 grup. Beragam bentuk dan kreasi lagu yang ditampilkan setiap grup di sepanjang parade, sangat menghibur ribuan penonton yang hadir dari Sumenep maupun luar daerah.

Salah satu peserta Parade Musik Tong-tong dalam rangka penutupan FKMA V dan Hari Jadi Sumenep ke-749. (Foto: Ismi/SorotPublik)

Tak hanya itu, parade musik Tong-tong tersebut juga mendapat respon positif dari salah satu rombongan keraton Nusantara. Utusan yang mengaku dari Kerajaan Gowa, Sulawesi Selatan itu, menyebut masyarakat Sumenep sangat ramah dalam menyambut kedatangan para tamu.

“Kami baru kali ini berkunjung ke Sumenep. Masyarakatnya sangat ramah tamah ketika tamu-tamu berkunjung ke Kabupaten Sumenep,” ungkapnya di sela-sela menyaksikan Parade Musik Tong-tong.

Sementara itu, Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim mengucapkan terima kasih kepada panitia, para sultan dan raja beserta permaisuri yang hadir dan ikut mensukseskan acara FKMA V itu. Sebab, atas kerja sama merekalah rangkaian acara FKMA V 2018 dan Hari Jadi Sumenep ke-749 bisa terlaksana hingga malam ini.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Sumenep, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang berpartisipasi dalam acara ini,” ucap Bupati.