Zumi Zola di Periksa KPK

0
459
Zumi Zola saat megenakan IDCAR Tamu KPK

Penulis : Ziad

Jakarta, SOROTPUBLIK.COM – Zumi  Zola diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) Pemprov Jambi 2018. Ia langsung masuk ke gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain Zumi Zola, KPK juga memeriksa Ketua DPRD Jambi Cornelius Buston. Sama halnya dengan Zumi, Cornelius enggan memberikan keterangan perihal pemeriksaannya dan langsung masuk ke gedung KPK. Ketika ditanya, Zumi tak banyak bicara soal pemeriksaannya pada hari ini.

“Nanti ya setelah pemeriksaan,” tuturnya, Jum at (05/01/2018).

Pada hari ini, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Wakil Ketua DPRD Jambi Zoerman Manap dan pihak swasta bernama Ali Tonang. Keduanya diperiksa untuk tersangka Asisten Daerah Bidang III Jambi Saifudin, sebelumnya, KPK juga telah memeriksa Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar. Ditanya soal Gubernur Zumi Zola di Kasus Suap DPRD Fachrori mengaku tak tahu-menahu soal suap yang dilakukan jajarannya ke anggota DPRD Jambi.

Kasus ini berawal dari operasi tangkap tangan (OTT) tim KPK di Jambi dan Jakarta pada 28 November 2017. Saat itu, tim KPK menangkap sejumlah orang, termasuk anak buah Gubernur Zumi Zola dan menetapkan empat orang sebagai tersangka dugaan suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) Pemprov Jambi 2018.

Empat orang itu adalah Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Erwan, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jambi Arfan, Asisten Daerah Bidang III Jambi Saifudin, serta seorang anggota DPRD Jambi dari Fraksi PAN, Supriyono.

LEAVE A REPLY