Upaya Bantu Petani, Aparat Dispertahortbun Sumenep Datangi Gudang Tembakau di Desa Patean

oleh -661 views
Harga Tembakau Rusak
Saat Kepala Dispertahortbun Kabupaten Sumenep, Arif Firmanto datangi gudang tembakau yang berada di Desa Patean, Kecamatan Batuan. (Foto: Heri/SorotPublik)

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Akibat rusaknya harga tembakau, aparat Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura (Dispertahortbun) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur datangi gudang tembakau PT Kahuripan Semesta di Desa Patean, Kecamatan Batuan.

Kepala Dinas Dispertahortbun Sumenep, Arif Firmanto menyampaikan, pihaknya bakal membantu para petani tembakau dalam pembuatan surat permohonan penyerapan tembakau yang ditujukan ke gudang yang berada di Sumenep maupun di Kabupaten Pamekasan.

“Karena gudang di Sumenep terbatas, kita cari solusi agar petani tetap bisa menjual tembakau mereka ke gudang tembakau di Pamekasan,” tuturnya, Kamis (19/09/2019) kemarin.

Saat ini Dispertahortbun Sumenep juga tengah menggagas pembuatan Tim Gugus Pertembakauan yang menjadi turunan Peraturan Daerah tentang jual beli tembakau.

“Setelah kita riset, di wilayah Temanggung ada yang membentuk semacam ini. Kita memandang itu penting, agar tata kelola niaga tembakau di Sumenep bisa lebih bagus. Ini juga untuk melindungi nasib petani kita,” terang Arif.

Monitoring jual beli tembakau yang berlangsung di Kabupaten Sumenep, kata Arif akan dilakukan secara berkala. Pihaknya juga membuka ruang komunikasi bagi petani yang kesulitan.

Penulis: Heri
Editor: Helmy