Unik dan Positif, Begini Ngabuburit Ala Komunitas Pecinta Musang di Sumenep

oleh
Suasana ngabuburit pecinta musang di depan Kantor DPRD Sumenep. (Foto: Hairul/SorotPublik)

Penulis: Hairul/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Di bulan suci Ramadhan ini banyak warga yang melakukan ngabuburit dengan hal unik dan positif. Salah satunya seperti dilakukan komunitas pecinta musang di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ini yang tergabung dalam Penggila Musang Sumenep (PEMUAS).

Komunitas pecinta Musang tersebut selalu berkumpul di depan Kantor DPRD Kabupaten Sumenep saat sore hari menjelang buka puasa, sambil memamerkan bermacam musang kepada warga.

Loading…

Salah satu anggota komunitas, Susan, mengaku semua jenis musang yang dibawa untuk ngabuburit sudah jinak dan aman jika pengunjung ingin berinteraksi.

“Kami sudah mengadopsi musang ini dari sejak masih kecil, sehingga mereka sedah jinak terhadap manusia,” kata Susan, Senin (20/05/2019).

Kegiatan ngabuburit seperti itu, lanjut dia, memang selalu dilakukan untuk mengedukasi masyarakat bahwa sebenarnya jika ditangani dengan baik, musang bisa dijadikan peliharaan yang lucu.

Hasilnya, banyak warga bahkan anak kecil yang mulai suka hingga ingin menyentuh dan menggendong hewan yang terkenal buas tersebut.

Salah satu pengunjung, Devon (11) mengaku senang melihat ngabuburit unik itu karena bisa menyentuh dan menggendong musang.

“Awalnya saya takut. Setelah diberi penjelasan saya jadi berani, dan ternyata seru,” ucap Devon.

Tidak hanya memamerkan musang, Komunitas PEMUAS juga membagikan takjil gratis kepada warga yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Selain berbagi pengalaman dan ilmu, mereka juga ingin berbagi rezeki di bulan suci Ramadhan.