Tripang Pulau Raas Sumenep Tembus Pasar Eropa

0
742

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.com – Teripang merupakan salah satu makhluk laut yang juga menjadi salah satu sumber rezeki bagi sebagian besar nelayan Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur.

Teripang juga menjadi salah satu hewan laut yang diburu oleh masyarakat Pulau Raas.Binatang laut ini merupakan makhluk laut yang hidup liar dan bebas di dalam laut.

Nelayan Pulau Raas ramai mencari dan memburu teripang ini karena jenis ikan ini memiliki potensi yang tinggi baik sebagai bahan makanan. Terutama sekali potensi ekonomisnya yang tinggi.

Menurut beberapa nelayan Pulau Raas harga teripang ini terbilang mahal. Bagaimana tidak harga kering dari tripang ini senilai Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta per kilo.

“Teripang harganya masih lumayan mahal. Kalau kita bisa nyari tripang untungnya banyak,” Kata Suryadi, warga Pulau Raas. Kamis (17/11/16).

Menurutnya, untuk mendapatkan teripang itu tidak lah mudah. Nelayan teripang harus menyelam ke dasar laut untuk mendapatkannya. Bahkan tidak jarang yang mencari teripang ini dengan mempergunakan kompresor.

Namun sayang, mempergunakan kompresor  tidak diperkenankan oleh pemerintah karena dinilai merusak habitat laut dan juga kesehatan manusia.

“Teripang pulau raas dijual ke beberapa daerah. Seperti Jakarta dan bahkan ke luar negeri.Malaysia, Singapura dan Hongkong. Karena harganya mahal, hingga saat ini para nelayan masih tetap senang dan semangat mencari teripang,” Ujarnya.

Namun demikian, Suryadi tidak menyangkal dan sangat berharap perhatian dari Pemerintah Kabupaten Sumenep agar teripang ini bisa dikembangkan. Sehingga masyarakat tidak terlalu susah untuk mendapatkannya.

LEAVE A REPLY