Ton-an Udang dan Ikan Bandeng Hampir Panen Hilang Terseret Banjir

0
347

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Ratusan Hektar lahan Tambak udang dan ikan bandeng di Desa Nambakor, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur terendam banjir. Lahan itu terendam banjir karena sungai ‘Sendir’ di selatan tambak jebol akibat diguyur hujan deras selasa kemarin.

Tonan udang dan ikan bandeng yang hilang ikut aliran sungai tersebut sudah berumur tiga bulan dan tinggal satu bulan memasuki masa panen.

Salehoddin pemilik tambak Desa Nambakor menyatakan, luas lahan tambak yang dijadikan budidaya udang dan ikan bandengĀ  seluas 160 hektar. Akibat banjir tersebut petani terancam rugi ratusan juta rupiah.

“1 hektar tambak terdiri dari tujuh petak yang berisi udang dan ikan. Hasil dari tujuh petak dalam 1 hektar itu panennya dikisaran 6 sampai 7 juta,” Katanya menjelaskan. Rabu (01/02).

Salehoddin menerangkan, Ikan dan udang yang di budidaya petani 90 persen hilang terseret air hujan dan ikut aliran sungai. Petani jelas mengalami kerugian yang amat besar, karena satu bulan lagi memasuki masa panen.

” Untuk kerugiannya bisa dikalikan dengan harga jual udang dan ikan bandeng saat ini. Udang Rp60.000 per kg dan bandeng 17.000 per kilogramnya,” Ungkapnya menegaskan.

LEAVE A REPLY