Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, DPMD Sumenep Gelar Bimtek Profil Desa

oleh -646 views
DPMD Sumenep
Bimtek Profil Desa Tahun 2019 oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep. (Foto: Heri/SorotPublik)

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Guna meningkatkan partisipasi masyarakat membangun desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur gelar Bimtek Profil Desa Tahun 2019.

Kepala DPMD Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli melalui Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Ekonomi, Tabrani menyampaikan, perencanaan sebuah pembangunan akan dinilai tepat apabila didasari data atau profil desa yang valid.

Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya menggelar Bimtek sebagai pembekalan bagi pemerintah desa agar nantinya dapat menggali data yang bisa dijadikan acuan agar program dibuat tepat sasaran dan sesuai kebutuhan.

“Bimtek bertema Desa Membangun ini ditujukan bagi Tenaga Ahli (TA), Pendamping Desa (PD), dan Pendamping Lokal Desa (PLD) yang akan digelar dengan dua tahapan, dari tanggal 24-27,” tutur Tabrani saat sambutan, Selasa (24/09/2019).

Setelah Bimtek, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Ekonomi DPMD Sumenep itu, berharap bisa mempercepat implementasi penyusunan profil desa dan kelurahan berbasis teknologi informasi yang relevan untuk dasar perencanaan pembangunan.

“Targetnya optimalisasi produk unggulan desa melalui inovasi BUMDes dan pemantapan persiapan Lomba Desa tahun 2020,” ujar Tabrani.

Penulis: Heri/Yusa’
Editor: Helmy