Tiga Hari Listrik di Pulau Sepudi Mati

0
307

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Cuaca ekstrem yang terjadi saat ini  tidak hanya berdampak pada aktifitas transportasi laut dan nelayan. Di Pulau Sepudi Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sudah tiga hari PLTD mati karena pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) tersendat.

Berdasarkan informasi pada Rabu malam (08/02), listrik menyala sampai pukul 24.00 padahal biasanya sampai 05.30. Sedangkan pada Kamis malam (09/02) listrik sama sekali tidak menyala sehingga sangat menganggu aktifitas warga.

Salah warga Pulau Sepudi, Kecamatan Gayam, hanya bisa berharap agar PLTD kembali menyala normal. Kedepannya petugas siap siaga dengan dalam mengantisipasi kejadian serupa.

“Memang ini murni karena faktor cuaca, namun kalau ada BBM cadangan, dipastikan listrik tidak akan mati seperti ini,” Ucapnya.

Sementara itu, Manajer PLN Rayon Sumenep, Slamet mengatakan, pengiriman BBM untuk PLTD terkendala cuaca. Pihak Syahbandar Pelabuhan Kalianget tidak memberikan ijin berlayar pada kapal yang akan mengangkut BBM ke Pulau Sepudi.

“Matinya listrik di Sepudi karena faktor cuaca BBM habis dan kapal pengangkut BBM belum di ijinkan berlayar oleh Syahbandar,” Katan Slamet menjelaskan. Minggu (12/02).

Sekali kirim lanjut Slamet perahu akan mengangkut 40 ton BBM, untuk 5.000 pelanggan keluarga yang tersebar di Kecmatan Nonggunong, dan Kecamatan Gayam. Dalam situasi normal listrik menyala dari pukul 17.00-05.30.

“Kalau ijin berlayar dari syahbandar kalianget dikeluarkan kami akan dan langsung dikirim saat itu juga ke Sepudi,” Tukasnya, menegaskan.

LEAVE A REPLY