Terus Berbenah, Taman Tectona Sumenep Sediakan Fasilitas Baru Ini

oleh
Pintu masuk destinasi wisata Taman Tectona di Jalan Raya Lenteng, Batuan, Sumenep. (Foto: Ilyas/SorotPublik)

Penulis: Ilyas/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMTaman Tectona, salah satu destinasi wisata buatan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, kini makin ramai. Sebab sejak dibuka awal Juli 2017 silam, taman yang berlokasi di Desa Torbang, Kecamatan Batuan itu, terus berbenah.

Dari soal jangkauan bagi pengunjung saja, akses menuju ke destinasi wisata yang pas untuk anak-anak tersebut, sangat mudah. Lokasinya mudah dijumpai karena berada tepat di pinggir Jalan Raya Lenteng yang cukup strategis.

Apalagi melihat fasilitasnya, sangat cocok sebagai tempat belajar sambil bermain untuk anak-anak. Sebab di dalamnya lebih banyak fasilitas dan area bermain mereka, meski tak menafikan cocok pula untuk pengunjung pada umumnya.

“Di sini ada kolam renang yang aman, nyaman beserta pengawasan yang dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak di mungkinkan,” terang Fredy, Minggu sore (02/12/2018).

Sambil menemani sorotpublik.com berkeliling, Owner Taman Tectona itu menunjukkan sejumlah fasilitas di taman tersebut. Antara lain area outbond untuk anak-anak, kebun belimbing, kolam ikan, dan panggung pertunjukan.

Selain itu, ada pula yang paling wajib, yaitu spot selfie plus gazebo untuk melepas lelah setelah bermain atau berfoto ria.

“Ada juga game flying fox yang dapat memacu adrenalin para pengunjung,” imbuh Fredy.

Ia menuturkan, sejak diresmikan sampai pada saat ini Taman Tectona berjalan kurang lebih satu tahun setengah. Selama itu, peningkatan pengunjung cukup signifikan.

“Pengunjungnya lumayan tinggi, karena untuk hari-hari biasa dalam setiap bulannya tercatat kurang lebih 400 pengunjung. Beda lagi kalau hari libur, seperti lebaran, sangat membludak,” ungkap pengusaha muda itu.

Saat ini, penambahan fasilitas bermain untuk anak-anak sedang dilakukan, termasuk penambahan kantin yang dalam proses pengerjaan. Hal itu mengingat dari tempat wisata tersebut, Freddy yakin semua akan merasakan manfaat dan keuntungan.

“Bukan hanya terhadap pemilik saja, penduduk setempat akan mendapatkan keuntungan, terlebih bagi pemerintah,” katanya.

Bagaimana itu bisa terjadi? Fredy mencontohkan riil keuntungan yang bisa dirasakan warga sekitar adalah terbukanya peluang usaha untuk berjualan di area tersebut. Sedangkan untuk pemerintah, jelas keberadaan destinasi wisata buatan itu membantu mengurangi angka pengangguran.

“Dari itu harus ada peran dari pemerintah bagaimana menjadikan tempat wisata, salah satunya Taman Tectona ini, agar lebih tereksplor dan semakin diminati oleh pengunjung,” harap Fredy.