Terserang Hama, Hasil Panen Padi Menurun

0
418

Penulis : Nanang

PAMEKASAN, SOROTPUBLIK.COM – Hasil panen pada milik petani di sejumlah wilayah di Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur akhir-akhir ini kian banyak menurun. Pasalanya, meski para petani sudah melakukan pencegahan untuk meminimalisir terjadinya gagalnya panen, namun segala upaya tersebut banyak tidak menuahkan hasil yang maksimal.

Menurut Usman (64) thn, salah seorang petani asal kecamatan  pademawu pamekasan mengungkapkan,  berbagai penyakit yang menimpa banyak tanaman khususnya tanaman padi bervariasi.

“Penyakit yang menimpa tanaman padi kami yaitu mulai dari menguning hingga kering karena batang tangkai buliran padi patah dan bahkan terserang tikus, padahal kami sudah melakukan segala upaya pencegahan sesuai anjuran dari pihak pertanian,” Pungkas Usman kepada Sorotpublik.com Selasa (28/02).

Usman menambahkan, penyakit padi di daerahnya tersebut kemungkinan juga dikarenakan banyaknya petani yang melakukan penanaman ulang, sehingga mudah terserang penyakit karena telur dari pada penyakit tersebut dimungkinkan masih tersisa di bagian pangkal tanaman lawas.

Meski persoalan penyakit padi sudah diketahui oleh pihak dinas terkait dan sudah dilakukan evaluasi pencegahan, namun pihak petani tetap berharap ada langkah nyata dari pihak dinas pertanian untuk mencari solusi mengatasi penyakit padi para petani di daerahnya.

LEAVE A REPLY