Tak Hanya Hama Ulat, Warga Dasuk Sumenep Diresahkan dengan Kotorannya

oleh
Kotoran ulat yang bertebaran di halaman salah satu rumah warga desa di Kecamatan Dasuk, Sumenep. (Foto: Heri/SorotPublik)

Penulis: Heri/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Warga Desa Jelbudan, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tak hanya diresahkan oleh hama ulat pohon jati. Namun masyarakat di desa tersebut juga diresahkan dengan kotoran ulat yang bertebaran di halaman rumah yang berdekatan dengan pohon jati.

Salah satu warga setempat yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan, ia harus membersihkan kotoran ulat setiap hari karena halamannya dipenuhi dengan kotoran hama tersebut yang saat ini merajalela menghabiskan daun jati di sekitar halaman rumahnya.

Loading…

“Akibat hama ulat yang saat ini menghabiskan daun pohon jati di sini banyak kotorannya memenuhi halaman rumah saya,” tuturnya, Minggu (06/01/2019).

Sementara Readi (27) menyampaikan bahwa hama ulat itu kini menjadi momok yang menakutkan bagi para warga Dasuk, khususnya Desa Jelbudan. Sebab, hama ulat itu bikin gatal dan banyak anak-anak yang bermain di sekitaran pohon jati.

“Yang saya takutkan adalah anak-anak yang bermain, Mas, sebab di sini kan banyak pohon jatinya. Jadi takut pas anak-anak main kena ulatnya yang gatal itu,” katanya, singkat.

Sebelumnya, hama ulat tersebut diberitakan sorotpublik.com menyerang pohon jati di Desa Jelbudan, Kecamatan Dasuk pada Senin (31/12/2018) lalu.

Saat itu, di sejumlah lokasi terlihat banyak daun pohon jati kini berganti dengan ulat. Tak hanya bikin daun gundul, sebagian ulat yang bergelantungan di pohon jati dekat jalan membuat warga takut.