Tahun Ajaran 2019-2020, Disdik Sumenep Siap Terapkan Digital School di 10 Sekolah

oleh
Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Bambang Irianto, saat menghadiri Peringatan Hardiknas 2019 di Kantor Pemkab Sumenep. (Foto: Hairul/SorotPublik)

Penulis: Heri/Mi/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan menerapkan Digital School (DS) di 10 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri pada tahun ajaran baru 2019-2020.

Penerapan Digital School tersebut, menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Bambang Irianto, tidak lain untuk meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten ujung timur Pulau Madura.

Loading…

“Program ini sebagai bentuk upaya Dinas Pendidikan dalam melakukan penyesuaian terhadap perkembangan teknologi yang belakangan ini semakin maju,” ungkapnya, Kamis (20/06/2019).

Sesuai dengan motto Disdik yakni ‘Pendidikan Berbasis IT dan Akhlaqul Karimah’, maka harus dilaksanakan sebuah program Digital School di setiap sekolah. Program tersebut, kata Bambang, tidak hanya untuk SMP saja, melainkan juga akan diterapkan untuk tingkat SD.

“Ini offline, bukan online. Jadi tidak butuh jaringan internet. Para siswa dan guru bisa langsung masuk dan mengakser ke server secara offline. Sebab, di dalam server tersebut sudah terinstal semua mata pelajaran Kurikulum 13 (K13),” jelas Bambang ketika ditanya model pengoperasiannya.

Selain itu, sambung dia, para siswa maupun guru tidak perlu repot-repot mencari materi pembelajaran. Sebab, materi semua mata pelajaran (Mapel) sesuai Kurikulum (K13) sudah ada di dalam satu server tersebut.

“Nanti siswa hanya tinggal masuk ke server yang sudah disiapkan,” timpal Bambang.