Tahun 2017, Puskesmas Pertahun Peroleh BOK 600 Juta

0
380

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Untuk meningkatkan layanan kesehatan ke masyarakat, masing-masing puskesmas di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur tahun 2017 ini mendapat sutikan dana Rp.600 juta pertahun.

Ahmad Fatoni, Kepala Dinas kesehatan Sumenep mengatakan, dana tersebut merupakan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) yang bersumberkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk seluruh Puskesmas di Sumenep.

“Progaram BOK dimaksudkan untuk membantu Puskesmas dan jaringannya serta upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) dalam melaksanakan pelayanan kesehatan promotif dan preventif sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM),” Ujarnya. Sabtu (14/1).

Menurut Ahmad Fatoni, Puskesmas mempunyai peran yang sangat besar dalam membangun kesehatan masyarakat.

“Peran tersebut terlihat dari keberhasilan puskesmas membantu pemerintah untuk menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan balita, memperbaiki status gizi bayi dan balita.” Kata Ahmad Fatoni menjelaskan.

Kata Fatoni untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif kepada masyarakat.

“Bentuk programnya bisa berupa posyandu balita dan posyandu lansia disetiap kecamatan atau desa,” Paparnya.

Oleh karean itu Ahmad Fatoni, meminta agar semua elemen untuk proaktif melakukan pengawasan realisasi bantuan tersebut. Karena dirinya tidak menginginkan anggaran tersebut disalahgunakan.

LEAVE A REPLY