Sudah di Kasda, DD Tahap III Sumenep 2018 Tinggal Dicairkan ke Desa

oleh
Kepala DPMD Sumenep, Achmad Masuni. (Foto: Ist/SorotPublik)

Penulis: Ist/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Dana Desa (DD) Tahap III tahun 2018 sudah masuk ke rekening Kas Daerah (Kasda), sehingga tinggal dicairkan ke masing-masing desa. Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Achmad Masuni.

“DD tahap ketiga yang telah masuk ke kas daerah mencapai Rp 111 miliar lebih, atau 40 persen dari total anggaran DD. Tahun ini DD Sumenep mencapai sekitar Rp 277 miliar,” katanya, Jumat (07/12/2018) kemarin.

Loading…

Masuni menegaskan, meski pencairan DD tahap III tahun ini baru bisa dilakukan jelang tutup tahun, pihak desa tetap harus merealisasikannya sesuai aturan yang berlaku. Sehingga, pengelolaan dana tersebut tidak sampai menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

“Dalam prosesnya, realisasi DD tahap ketiga ini harus tetap padat karya tunai. Jangan sampai dikontrakkan. Harus tetap dikelola dengan melibatkan banyak masyarakat,” jelasnya.

Jika dikelola dengan baik dengan sisa waktu yang ada, Masuni optimis pemerintah desa tetap bisa merealisasikannya. Namun, kata dia, semuanya tergantung bagaimana desa mengatur strateginya dengan matang.

“Intinya jangan sampai ada kendala-kendala di lapangan,” imbuhnya.

Soal keterlambatan pencairan DD di Sumenep, Masuni menyampaikan bukan baru kali ini saja. “Kendalanya lagi-lagi sumber daya manusianya belum maksimal,” ungkap dia.